10 Manfaat Madu untuk Kesehatan Serta Efek Sampingnya

SoftBos.Com – Madu dikenali dengan rasanya yang manis dan banyak memiliki manfaat untuk kesehatan badan. Ini karena madu banyak memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, hingga dipercayai semenjak jaman dulu bisa mengobati beragam penyakit.

Tetapi, konsumsi madu ada juga batasanannya. Karena madu mempunyai efek yang beresiko jika dimakan dengan jumlah terlampau banyak.

Lalu, apa manfaat madu untuk kesehatan badan? Lantas apa efek yang diakibatkan bila kebanyakan konsumsi madu? Baca penuturannya dalam artikel ini yuk.

Kandungan Nutrisi Pada Madu

Kandungan Nutrisi Pada Madu
Ilustrasi Gambar Kandungan Nutrisi Pada Madu

Madu rupanya banyak memiliki kandungan nutrisi yang bisa sehatkan untuk badan. Dikutip situs Healthline, berikut kandungan nutrisi madu dalam ukuran 100 g:

  • Protein: 0,3 gram (g)
  • Karbohidrat: 79,5 g
  • Serat: 0,2 g
  • Fosfor: 16 miligram (mg)
  • Natrium: 6 mg
  • Kalium: 26,9 mg
  • Kalsium: 5 mg
  • Besi: 0,9 mg
  • Tembaga: 0,04 mg
  • Seng: 0,2 mg
  • Vitamin C: 4 mg
  • Niacin (vitamin B3): 0,1 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,04 mg

BACA JUGA : Sejuta Manfaat Yang Tersembunyi Dari Daun Dan Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Tipe Madu yang Banyak Dikonsumsi

Ilustrasi Gambar Tipe Madu yang Banyak Dikonsumsi
Ilustrasi Gambar Tipe Madu yang Banyak Dikonsumsi

Kemungkinan anda sejauh ini berasumsi jika semua madu yang dipasarkan sekarang ini sama juga, walau sebenarnya rupanya ada beragam tipe madu lho. Lalu tipe madu apa yang terbanyak dimakan warga? Baca berikut ini.

1. Madu Kaliandra

Tipe madu yang ini adalah madu yang terbanyak dimakan oleh warga. Karena, madu ini dipercayai bisa mengobati beberapa penyakit satu diantaranya turunkan tekanan darah tinggi. Sedikit info, diberi nama madu kaliandra karena madu ini datang dari nektar bunga kaliandra.

2. Madu Rimba Sumatra

Tipe madu seterusnya yang tersering dimakan warga ialah madu rimba Sumatra. Madu ini bisa secara mudah anda dapatkan di minimarket, beberapa apotek, dan supermarket. Madu rimba Sumatra dipercayai bisa tingkatkan kekebalan badan, turunkan cholesterol, dan tingkatkan gairah makan.

3. Madu Klanceng

Madu klanceng ialah tipe madu yang dibuat oleh lebah yang mengisap nektar dari beragam jenis tipe bunga. Karena nektar yang disedot oleh lebah cukup bermacam, karena itu rasa dari madu klanceng menjadi lebih kaya rasa dan nikmat.

4. Madu Kopi

Tipe madu setelah itu madu kopi, di mana madu ini dibuat oleh lebah ternak yang mengisap nektar bunga kopi. Salah satunya keunikan dari madu kopi ialah wewangiannya, karena beberapa lebah mengisap nektar bunga kopi karena itu tercium wewangian kopi.

BACA JUGA : Beragam Manfaat Getah Pisang Untuk Kehidupan Manusia

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Video Penjelasan Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Sama seperti yang sudah diterangkan awalnya, madu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan badan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk konsumsi madu tiap hari untuk mempertahankan kesehatan badan.

dr Danang Ardiyanto, MKM yang disebut dokter sekalian periset dan pegiat herbal di Rumah Penelitian Jamu Hortus Medicus menjelaskan, madu baik sekali bila dimakan tiap hari. Tetapi dia merekomendasikan untuk konsumsi madu sesuai keperluan.

Lalu, apa manfaat madu untuk kesehatan badan manusia?, berikut sejumlah manfaat madu untuk kesehatan:

1. Tingkatkan Kekebalan Badan

Madu mempunyai senyawa fitonutrien yang di-claim bisa perkuat beberapa sel imun pada tubuh manusia. Disamping itu, madu dipercayai bermanfaat sebagai anti anti jamur dan bakteri.

2. Mengembalikan Cedera Lebih Cepat

Madu rupanya berguna juga untuk percepat pengobatan cedera loh. Beberapa riset menjelaskan jika madu bisa menolong hilangkan jaringan yang mati, mematikan bakteri yang ada di cedera, dan menggairahkan pembangunan kulit baru untuk tutup sisa luka. Beberapa tipe cedera yang dapat sembuh oleh madu yakni cedera bakar, cedera lecet, dan diabetes.

3. Mencegah Radikal Bebas

Selainnya tingkatkan kekebalan badan, senyawa fitonutrien dalam madu menjadi anti-oksidan alami. Hingga, madu bisa mencegah radikal bebas pada tubuh dan menahan kerusakan kumpulan sel tubuh dan sel.

4. Menyehatkan Jantung

Madu berguna juga untuk menyehatkan jantung. Ini karena ada senyawa fitonutrien dalam madu yang bermanfaat memperlancar saluran darah dan menahan terciptanya aterosklerosis. Beberapa periset mengutarakan jika madu dapat turunkan tekanan darah dan hilangkan lemak dalam darah.

5. Jaga Mekanisme Pencernaan

manfaat madu selanjutnya ialah bisa mempertahankan kesehatan mekanisme pencernaan. Beberapa periset mengutarakan jika madu dikatakan sebagai prebiotik, karena bisa memberikan dukungan perkembangan bakteri baik dalam usus.

BACA JUGA : Tiga Manfaat Tumbuhan Hijau Bagi Makhluk Hidup Sebagai Sumber Makanan

6. Pemanis yang Sehat

Madu di-claim sebagai pemanis alami yang sehatkan, bahkan juga lebih bagus dibanding gula yang dimakan tiap harinya. Beberapa periset mendapati jika konsumsi madu seperlunya bisa tingkatkan kandungan adiponektin pada tubuh, yakni hormon yang kurangi infeksi dan bisa turunkan kandungan gula darah.

7. Meredakan Batuk

Madu berguna juga untuk menurunkan batuk lho. Karena, rasa madu yang manis bisa memacu produksi air liur dan bisa lembabkan kerongkongan yang kering, hingga rasa gatal di kerongkongan akan lenyap secara perlahan. Tidak itu saja, madu berguna juga sebagai anti-oksidan yang berguna untuk menurunkan infeksi.

8. Mengurangi Berat Tubuh Badan

Jika sedang diet, sebaiknya konsumsi madu seperlunya karena bisa kurangi berat tubuh badan. Hingga, kamu tak perlu banyak-banyak konsumsi makanan manis dari gula, sekarang dapat ditukar dengan madu.

9. Menjaga Kulit

Madu berguna juga untuk jaga dan menjaga kulit supaya masih tetap ceria dan lembut. Ini dikarenakan oleh madu mempunyai kandungan anti-oksidan hingga bisa mencegah radikal bebas. Coba memakai masker dengan bahan madu atau kamu dapat membuat masker sendiri dari madu.

10. Mengobati Jerawat

Jika anda mengalami jerawat dan buat tidak optimis, coba memakai madu sebagai obat jerawat alami. Karena, madu mempunyai kandungan anti inflamasi yang dapat kurangi infeksi karena jerawat. Oleh karena itu, selainnya mengobati jerawat madu bisa juga hilangkan sisa jerawat.

BACA JUGA : 4 Manfaat Buah Sawo yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Dampak Samping Madu Jika Dikonsumsi Terlalu Berlebihan

Ilustrasi Gambar Dampak Samping Madu Jika Dikonsumsi Terlalu Berlebihan
Ilustrasi Gambar Dampak Samping Madu Jika Dikonsumsi Terlalu Berlebihan

Kemungkinan anda bertanya, adakah efek dari madu bila dimakan terlalu berlebih dan terus-terusan tiap hari? Walau sebenarnya, madu mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan badan.

Menurut dr Danang, rasa manis dalam madu relatif sama dengan manis pada gula. Dengan demikian, bila konsumsi madu dengan jumlah yang berlebihan dicemaskan sama dengan konsumsi gula.

“Madu mempunyai rasa manis yang relatif sama dengan gula pada umumnya. Dalam kata lain, jumlah aman untuk konsumsi madu semestinya sama dalam jumlah aman saat konsumsi gula,” ujarnya.

Selanjutnya, dr Danang menerangkan jika madu bisa dimakan tiap hari dengan ikuti jumlah optimal yang telah ditetapkan. Disamping itu, dia mengingati jika seharusnya check madu yang ingin dibeli, yakinkan madu itu ialah murni dan bukan memiliki kandungan kombinasi bahan kimia.

“Madu bisa dimakan tiap hari dengan jumlah optimal konsumsi madu, seharusnya setiap hari cukup satu sendok makan atau kurang lebih 10-12 gr saja. Yang penting menjadi perhatian ialah jika madu yang dimakan sebagai madu murni dan bukan madu yang memiliki kandungan kombinasi atau bahan kimia yang lain,” sebut dr Danang.

Lalu, apa efek yang dapat diakibatkan bila konsumsi madu berlebihan? Baca berikut ini:

1. Memunculkan Permasalahan Pencernaan

Salah satunya efek dari konsumsi madu kebanyakan ialah permasalahan di pencernaan. Ini karena kandungan fruktosa dalam madu bisa memengaruhi kekuatan usus dalam mempernyerap gizi, hingga bisa memunculkan permasalahan pencernaan seperti diare, kram perut, dan kembung.

2. Tingkatkan Kandungan Gula Darah

Memang, madu menjadi alternative yang lebih bagus dibanding gula. Namun, madu mempunyai kandungan gula hingga dapat keluarkan rasa manis. Dalam beberapa riset, konsumsi madu dengan jumlah banyak bisa tingkatkan kandungan gula darah.

3. Memacu Kerusakan Gigi

Konsumsi madu terlalu berlebih rupanya bisa memacu kerusakan gigi lho. Karena, kandungan gula dalam madu bisa bereaksi dengan bakteri mulut, selanjutnya hasilkan asam yang bisa membuat gigi jadi sensitif.

4. Tingkatkan Resiko Botulisme pada Anak

Jika anda memberi madu dengan jumlah banyak ke bayi dengan usia di bawah setahun, hal itu rupanya bisa memunculkan efek lho. Masalahnya, beberapa madu mempunyai kandungan spora bakteri clostridium botulinum, yang mana bakteri itu bisa memunculkan penyakit botulisme.

Oleh karena itu, seharusnya jauhi memberi madu pada bayi yang mekanisme pencernaannya belum prima ya.

Nah itulah 10 manfaat madu untuk kesehatan dan beberapa efek bila konsumsi madu dengan jumlah berlebih. Maka janganlah lupa konsumsi madu tiap hari ya tetapi dengan jumlah seperlunya saja supaya tidak memunculkan dampak samping.

error: Content is protected !!