5 Makanan Khas Jawa Timur yang Terkenal dan Enak

Seputarliputan.com5 Makanan Khas Jawa Timur yang Terkenal dan Enak. Hal ini tidak lengkap jika Anda mengunjungi suatu daerah tetapi tidak merasakan makanan khas. Wisata kuliner tidak ada habisnya, terutama Jawa Timur.

Ada begitu banyak makanan terkenal dari Jawa Timur yang membuat wisatawan lokal dan asing tidak pernah bosan untuk mencicipinya. Tidak hanya makanan dari daerah lain yang tersebar di berbagai daerah.

Makanan khas dari Jawa Timur juga bisa ditemukan dimana saja. Beberapa diantaranya adalah soto lamongan dan bakso malang. Kedua makanan ini sangat banyak ditemukan.

Masakan Jawa Timur biasanya memiliki rasa yang khas, yaitu pedas, asin, gurih dan kaya akan rempah-rempah. Meskipun makanan khas Jawa Timur, namun banyak orang di luar Jawa yang menikmati makanan tersebut.

Makanan Jawa Timur banyak digemari masyarakat karena tidak sulit ditemukan. Berikut adalah beberapa makanan khas Jawa Timur yang bisa membuat Anda bertemu dan menggugah selera.

1. Soto Lamongan

Salah satu makanan khas Jawa Timur yang penjualnya bisa anda temukan di berbagai daerah di seluruh wilayah di Indonesia. Rasa soto lamongan sangat nyaman di perut.

Baca Juga: Inilah Hal yang Harus Dipelajari Pebisnis Kuliner Supaya Untung Terus

Tahukah Anda apa yang membedakan Soto lamongan dengan soto lainnya? Yep! Perbedaan antara soto lamongan dan soto lainnya adalah koya. Koya yang digunakan dalam sup menambah rasa sup untuk membuatnya lebih lezat.

Koya adalah sejenis bubuk kaldu yang rasanya enak dan terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih yang dihancurkan hingga lunak. Koya nantinya akan ditaburkan di atas isian sup sebelum disajikan.

Soto lamongan biasanya berisi potongan ayam yang dicukur atau dipotong kecil-kecil, bihun, telur, dan irisan kol. Isiannya kemudian ditaburi koya dari kerupuk udang yang sudah dihaluskan bersama bawang putih goreng.

2. Rawon

Siapa yang tidak kenal rawon? Ini adalah hidangan terkenal dengan warna hitamnya. Jika Anda belum pernah mencobanya, inilah saatnya bagi anda untuk mencobanya!

Saus Rawon memiliki warna hitam karena diproduksi dari kluwek dan inilah sup yang menjadi ciri khasnya. Rawon biasanya menggunakan daging sapi yang diiris kotak dan direbus dalam waktu lama untuk menghasilkan daging yang empuk.

Makanan pendamping yang biasa disajikan dengan rawon adalah telur asin dan sambal, serta jeruk nipis. Rawon juga sangat enak jika ditambah dengan kerupuk udang.

Sidebar:

Baca Juga: 5 Langkah Memulai Bisnis Rumahan Yang Tepat

Meskipun rawon terkenal sebagai makanan khas dari daerah Surabaya, namun beberapa daerah di Jawa Timur juga memiliki beberapa resep khas rawon sesuai dengan daerahnya.

3. Bakso Malang

Siapa yang tidak kenal Bakso Malang? Makanan sering terdengar dan berlalu di depan rumah Anda bukan? Bakso malang identik dengan pangsit yang membuat bakso ini memiliki tekstur yang beragam.

Makanan Jawa Timur yang wajib anda coba yang tentunya membuat Anda ketagihan. Secara umum, bakso malang disajikan dengan kuah yang hangat dan gurih, dengan isian yang lengkap.

Biasanya ada Bakso, Tahu putih atau coklat, Bakso aci, serta toping mie, bihun, dan sayuran. Bakso malang memasukkan kata “malang” dalam namanya karena merupakan asal usul bakso ini dari Malang.

4. Rujak Cianjur

Makanan khas Surabaya, Jawa Timur ini memiliki hal yang sangat adiktif, rujak cingur. Rujak cingur mengandung berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan adalah krai, kacang panjang, kedondong, dan sebagainya.

Di rujak cingur, krai, tauge, kangkung, nanas, kacang panjang, kedondong, dan sebagainya dicampur dengan Tempe, Tahu, Lontong, hingga hidung sapi alias cingur.

Baca Juga: Tips Mudah Membuat Atau Memasukkan Simbol Telepon (Faksimile) Di Office Word

Hidung sapi ini merupakan salah satu bahan yang menjadi ciri khas rujak cingur. Penjual rujak cingur ini, biasanya mengolah bumbu kacang dan petis. Biasanya bumbunya akan disiapkan dalam satu mortar batu besar.

5. Tofu Mix

Selain Soto lamongan dan rawon, tahu campur juga menjadi salah satu makanan khas yang populer di Magelang, Jawa Tengah. Campuran tahu terdiri dari tauge, lontong, mie kuning, tahu goreng, potongan singkong lentho, dan selada.

Setelah itu, bahan-bahannya akan dituang dengan kaldu sapi yang enak dan sangat kental. Selain itu, tahu campur juga terdiri dari kikel daging sapi dan kuah daging sapi yang kenyal.

Tahu Campur akan semakin nikmat jika ditambah dengan bawang goreng. Selain itu, kerupuk juga merupakan bagian integral dari kerupuk udang. Namun, sesuai dengan perkembangan zaman, kerupuk udang juga bisa diganti dengan kerupuk lainnya.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja ulasan yang sudah kami sajikan di atas, semoag artikel tersebut dapat bermanfaat untuk kalian semuanya, sekian dan terimakasih.