Cara Mudah Membuat Charger HP di Motor Menggunakan Charger Bekas

Posted on

SoftBos.Com – Jika bicara berkenaan smartphone atau handphone adalah sebagai salah satunya alat berkomunikasi yang saat ini lebih banyak dipakai oleh beragam warga.

Pasalnya alat electronic ini sekarang menjadi sisi yang tidak dapat dipisah dari kehidupan manusia.

Mengapa begitu, karena alat ini mempunyai feature dan peran yang paling menolong dalam semua masalah pemakainya.

Selainnya orang dewasa pemakaian handphone sekarang telah meramban sampai ke kalnagan remaja yang duduk dibangku sekolah.

Selainnya bisa memudahkan komunikasi, alat ini banyak juga dipakai untuk sektor tugas bahkan juga sampai ibu-ibu rumah tangga tidak lepas dari memakai alat ini.

Lalu bagaimanakah handpone ini bisa bekerja bila daya batrenya habis di saat kita sedang berkendaraan?

Sudah pasti ini, sedikit akan menghalangi aktivitas komunikasi kita pada orang lain.

Nach pada artikel ini Softbos.com akan memberi panduan mengenai bagaimana komunikasi sahabat sekaligus tidak terhalang bila daya batre pada hanphone/ Ponsel anda habis saat sedang berkendara.

Agar hal itu tidak ada dalam perjalanan sahabat sekaligus, karena itu sahabat dapat membuat pengisi daya/ atau alat untuk mengecas Ponsel dikendaraan sobat.

Bagaimanakah cara membuat? berikut ada cara-cara yang hendak Softbos.com uraikan langkah pembikinannya. Karena itu silahkan baca pembahasan secara lengkap di bawah ini.

BACA JUGA : 5 Cara Ternak Burung Pleci Secara Koloni

[100% Mudah] Langkah Membuat Pengisi daya HP di Motor yang Aman

https://www.youtube.com/watch?v=c832C5QO7Ik
Video [100% Mudah] Langkah Membuat Pengisi daya HP di Motor yang Aman

Nach berikut ini ada cara-cara bagaimanakah cara membuat pengisi daya pada kendaraan bermotor anda, baca penjelasannya berikut:

Siapkan Alat dan bahan

Hal yang paling pertama kali yang harus sahabat siapkan ialah IC Regulator 7805, kewmudian memakai 2 Buah Dioda sama ukuran 5 Amp, lalu Connector IC, dan Kabel USB.

Nach sesudah semua ada, karena itu seterusnya perisapkan beberapa alat simpatisan seperti berikut yaitu, timah, solder dan solasiban/Isolasi.

Selanjutnya dalam menentuka IC yang hendak dipakai harus dengan seri 7805 karena dengan pemakaian IC ini tegangan output yang yang hendak dibuat sekitaran 5 Volt.

Disamping itu jika detail Ponsel anda bukan 5 Volt, karena itu sahabat bisa memnetukan tipe IC yang lainnya.

Dalami Polanya

Dalami Polanya
Dalami Polanya

Dalam masalah ini sebagai tipe serangkaian pengisi daya yang paling simpel hingga proses pembikinannya tidak demikian terlampau sulit karena tidak kembali memerlukan PCB.

Yang mana sahabat cukup hanya menghubungkan arus listrik dari battery yang masuk ke arah dioda saat sebelum arus itu masuk ke arah terminal input IC.

Seterusnya output dari IC akan sama-sama tersambung lebih dulu ke dioda saat sebelum arus itu masuk langsung ke konektor.

Di mana umumnya IC regulator memiliki tiga kaki, yang masing-masing mencakup input, periode dan output.

Selanjutnya lihat dalam implementasi dioda, yang dalam penempatannya tidak boleh samapi kebalik karena jika status penempatan dioda kebalik, hal itu justru malah membuat arus listrik jadi terblok.

BACA JUGA : Cara Nonton Piala Dunia 2022 Gratis Melalui K-Vision Tanpa Berlangganan

Buat Komponennya

Buat Komponennya
Buat Komponennya

Selanjutnya silahkan kita awali untuk menyusun elemen IC dengan konektor. Tetapi anda pun haruds jika telah betul-betul mengenal tang mana terminal inout, lalu output dan yang mana massa.

Karena itu selanjutnya, lalukan pembelahan pada kabel connector IC yang memiliki 3 buah kabel itu, lalu kelupas sisi kulitnya.

Nach mulai dengan memasangkan dioda yang pertama di bagian kabel input IC. Lihat arah di saat memasangkanna, karena harus sama sesuai ke arah IC atau terminal negatif yang sudah anda sambungkan ke kabel konektor.

Kemudian kerjakan penempatan kembali dioda yang ke-2  pada kabel output IC namun di saat memasangkannya harus pada kondisi kebalik/ arah keluar status terminal yang memiliki muatan positif pada dioda yang sudah anda hubungkan dengan kabel.

Selanjutnya persiapkan kabel USB, untuk selanjutnya dihubungkan pada ke-2  kabel itu dengan terhung langsung output IC dan Kabel massa.

Kemudian pada kabel periode bisa Anda sambungkan langsung ke terminal periode IC / di bagian bodi motor anda.

Setelah kabel periode telah disambungkan, karena itu yang hendak sisa adalah terminal input yang nanti bisa anda sambungkan dengan battery atau dapat jugqa disambungkan pada kunci contact motor anda.

Jika kabel itu anda sambungkan ke kunci contact motor anda, karena itu pengisi daya itu segera dapat isi pada saat kendaraan anda dihuidupkan / pada kondisi ignition ON.

BACA JUGA : Perbedaan Akun Channel YouTube Akun Pribadi dan Bisnis dan Cara Membuatnya

Selanjutnya jika anda benar-benar memerlukan circuit yang semakin aman kembali, karena itu anda dapat menambah fuse dengan lingkup optimal 5 Ampere agar nanti tidak bisa terjadi ada kenaikan arus yang terlalu berlebih ke HP anda.

Seterusnya yang paling akhir, Anda harus juga menyambungkan kabel periode bodi motor anda ke periode IC.

Tetapi jika IC yang awalnya telah anda aplikasikan memiliki lubang baut, karena itu anda cukup hanya menempelkan di lubang itu ke bodi motor yang mempunyai elemen logam dengan menggunakan baut.

Namun jika IC yang telah anda aplikasikan itu tidak mempunyai lubang baut, karena itu anda bisa meyatukan periode bodi motor anda kebagian terminal periode IC.

Hingga nanti bakal ada dua ikatan yang sama ke arah sisi bodi dan ke arah USB.

Nach sesudah semua proses penempatan itu telah seutuhnya usai, karena itu cara seterusnya anda tinggal menyolokan sisi ujung USB ke port charge Ponsel Anda.

Karena itu dengan begitu nanti secara automatis arus dengan tegangan 12 Volt yang mengucur akan sesuaikan daya pengisian pada baterai handphone anda yang cuma bertegangan 5 Volt.

Tetapi jika kondisi accu tidak bekerja dengan maksimal, karena itu hal itu akan berpengaruh kesemua mekanisme mekanisme penerangan dan pengapian kendaraan bermotor anda. Hingga pada akhirnya bisa berpengaruh pada perform mesin bermotor anda.

BACA JUGA : Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Yang Terhapus Di HP Android

Bahan bahan yang perlu disiapkan:

  • PCB Matrix;
  • IC 7812 & 7805;
  • Kapasitor Elco 2200uf/25V dan 220uf/16V
  • Led;
  • Resistor 560 ohm;
  • Saklar;
  • Sekring+Rumahnya;
  • Box Hitam Kecil;
  • Kabel;
  • Skun Gepeng;

Beberapa alat yang hendak dipakai :

  • Multimeter;
  • Obeng
  • Solder + Timah
  • Tang
  • Gunting dll

Demikian ulasan kita ini kali berkenaan [100% Mudah] Bore Up Mio Harian Hemat 150cc Klep Standard, mudah-mudahan serangkai ulasan ini kali bisa berguna utuk teman dekat semua.