Tips Mencampur Cat Dengan Thinner yang Benar dan Mudah

Softbos.comTips Mencampur Cat Dengan Thinner yang Benar dan Mudah. Apakah anda tahu cara mencampur cat dengan thinner dengan benar?

Jangan mengambil dosis yang salah, nanti hasilnya pasti tidak akan baik. Dalam melukis, terutama menggunakan cat minyak, Anda membutuhkan keakuratan komposisi untuk menghasilkan cat yang baik.

Untuk mendapatkan campuran cat yang tepat, diperlukan jenis pengencer dan takaran yang sesuai. Bagi orang yang belum terbiasa melukis, membuat campuran cat tidak terlalu sulit jika Anda tahu ukurannya.

Selain mengetahui dosis yang tepat, Anda juga perlu mengetahui jenis pengencer apa yang dijual di pasaran. Berbekal dua hal ini, membuat campuran cat yang tepat bukan lagi masalah yang sulit. Nah, berikut penjelasan cara mencampur cat dengan thinner yang tepat.

Cara Mencampur Cat Dengan Thinner

Nah, untuk kalian yang ingin mengetahui cara menycampurnya, maka kalian bisa melihat cara tersebut di bawah ini, dan tentu saja kalian bisa melakukannya sendiri.

1. Pilih Jenis Thinner yang Tepat

Ada banyak cairan yang bisa digunakan untuk mengencerkan cat. Mulai dari yang tertipis, afduner, hingga bensin. Cairan yang paling direkomendasikan untuk digunakan sebagai pengencer adalah pengencer.

Baca Juga: 5 Bisnis Makanan Kekinian Dengan Modal Kecil

Tentang thinner, ada banyak jenis thinner yang dijual di pasaran, seperti cobra thinner dan nitroselulosa thinner. Jenis thinner yang biasa digunakan sebagai thinner cat kayu dan besi adalah thinner A atau bisa juga menggunakan super thinner.

2. Memahami Tanda Cat

Jika Anda sudah tahu jenis pengencer apa yang akan digunakan, Anda juga harus memahami merek cat yang dipilih. Pasalnya, setiap merek tinta memiliki karakteristik produk tinta yang berbeda-beda, terutama viskositasnya.

Karena itu, sebelum menggunakan cat, baca kaleng Kemasan terlebih dahulu untuk melihat aturan penggunaan yang tercantum. Supaya cat yang kalian campurkan nantinya akan bagus.

3. Sesuaikan Jumlah Thinner dan Cat

Saat membuat campuran cat, ada tiga tahap pengecatan yang perlu Anda ketahui, yaitu tahap awal, tahap kedua, dan tahap pernis. Pada tahap awal pengecatan atau primer, buat campuran cat yang lebih tipis dan sedikit kental.

Ini agar cat dapat menutup dengan cepat dan pada saat yang sama menghemat lebih tipis. Pada tahap kedua, buat campuran sedikit lebih tipis dari tahap awal. Untuk perbandingan cat itu sendiri.

Baca Juga: Link Pose Sakura School Simulator Mod Apk 2022

Misalnya, jika Anda menggunakan 1 liter cat, campur 3 liter pengencer. Aduk campuran sampai tercampur rata. Sehingga cat yang kalian campurkan akan tahan lama.

4. Dosis Untuk Tahap Pernis

Setelah melalui tahapan pengecatan lapisan pertama dan kedua, harus dilanjutkan dengan tahap pernis. Pada tahap pernis, gunakan 1 liter. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan 1 liter pernis atau transparan, campuran 3 liter tipis.

Pernis itu sendiri adalah tahap akhir lukisan yang lapisan cat sebelumnya dilapisi dengan lapisan pelindung. Di hadapan lapisan pernis, benda yang dicat akan memiliki kekuatan lebih.

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai Tips Mencampur Cat Dengan Thinner yang Benar dan Mudah semoga dengan artikel kami di atas, dapat bermanfaat untuk kalian semuanya, sekian dan terimakasih.

error: Content is protected !!